Kurang tidur telah menjadi permasalahan kesehatan masyarakat karena kekurangan tidur bisa menyebabkan masalah fungsi kognitif, emosional dan fisik pada remaja. Kampanye kurang tidur menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong perbahan perilaku terutama pola tidur. Penelitian ini bertujuan untuk meninjau berbagai metode dan rancangan media kampanye yang efektif untuk digunakan dalam menyampaikan pesan mengenai bahaya kurang tidur. Metode penelitian ini adalah menggunakan studi literatur review. Proses seleksi artikel dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria inklusi, yaitu artikel yang terbit dalam rentang tahun 2020-2025 dan memiliki relevansi langsung dengan Media Kampanye Kurang Tidur. Pengumpulan jurnal diriset melalui database Google Schoolar.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kampanye yang dirancang secara visual, menarik, dan interaktif seperti video animasi, motion graphic, dan buku ilustrasi efektif meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku tidur remaja. Kolaborasi antar pihak seperti tenaga medis, pendidik, dan siswa memperkuat pesan kampanye sehingga lebih kredibel dan berdampak luas terhadap peningkatan kualitas tidur dan kesehatan masyarakat. Kesimpulan dari penelitian ini mengatakan bahwa media kampanye yang dirancang secara menarik, interaktif, dan sesuai dengan sasaran efektif dalam meningkatkan kesadaran serta mendorong perubahan perilaku pola tidur remaja.
Copyrights © 2025