JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 11, No 1 (2025)

PENERAPAN METODE K-MEANS CLUSTER UNTUK MENGKLASIFIKASI PEMBAYARAN SPP SISWA (Studi Kasus SMK Diponegoro 2 Rawalo Tahun 2022-2023)

Soimah, Soimah (Unknown)
Susilowati, Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2025

Abstract

SMK Diponegoro 2 Rawalo merupakan sekolah menengah kejuruan swasta yang berada di Kabupaten Banyumas. Berkembangnya sekolah swasta sangat dipengaruhi oleh pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP).  SPP yang dibebankan kepada siswa memiliki tujuan untuk membantu sekolah dalam memperlancar proses belajar mengajar. Karena tanpa adanya biaya pendidikan operasional, sekolah tidak akan berjalan dengan lancar. Hanya saja keterlambatan pembayaran masih sering dialami terutama oleh sekolah swasta. Seperti yang terjadi pada SMK Diponegoro 2 Rawalo, pembayaran uang SPP siswa sering kali terjadi penunggakan pada beberapa siswa yang terjadi karena banyak faktor. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengclusterkan pembayaran SPP siswa menggunakan metode K – Means. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode observasi dengan melakukan identifikasi permasalahan, metode wawancara, dan study literatur. Penelitian ini menggunakan K-means clustering untuk mengklasifikasi pembayaran SPP siswa kelas X berdasarkan penghasilan orang tua dan jumlah tanggungan dalam keluarga. Dalam proses perhitungan untuk pengklasifikasiannya menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian dari data 118 siswa kelas X diperoleh sebanyak 64 siswa masuk dalam kelompok tepat waktu membayar dan sebanyak 54 siswa masuk dalam kelompok terlambat membayar. Dari hasil klasifikasi pembayaran SPP, diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam membuat keputusan terhadap program-program yang berkaitan dengan administrasi sekolah. Dengan adanya penelitian ini, sekolah menjadi lebih dapat memberikan kebijakan pada orang tua murid lebih tepat sasaran lagi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...