JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS)
Vol 11, No 1 (2025)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA TANGRAM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS KELAS IV SD

awwaliyah, Nely oktaviani (Unknown)
Sutriyani, Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2025

Abstract

Pelajaran matematika adalah pelajaran yang fokus dalam meningkatkan respon siswa dalam memecahkan masalah dalam kegiatan nyata dikehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 3 Krapyak pada materi luas dan keliling bangun datar menjadi materi yang sulit dipahami. Masalah utamanya adalah belum diterapkannya model pembelajaran dan belum diterapkannya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD Negeri 3 Krapyak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan one grup pre-test post-test yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Krapyak dengan sampel anak kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Uji instrumen penelitian, pelaksanaan pretest dan posttest, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dilakukan dengan prosedur yang sesuai sehingga data penilian akurat. Diperoleh hasil penelitian adanya pengaruh terhadap pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran problrm based learning berbantuan media tangram dengan meningkatnya pemahaman konsep matematis dari rata-rata  63,58 menjadi 85,25. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangram dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar dengn adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Krapyak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS) diterbitkan oleh FKIP Universitas Labuhan Batu program studi pendidikan matematika yang berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, pengkaji, guru, dosen dan mahasiswa dalam disiplin ilmu ...