Pelajaran matematika adalah pelajaran yang fokus dalam meningkatkan respon siswa dalam memecahkan masalah dalam kegiatan nyata dikehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi di kelas IV SD Negeri 3 Krapyak pada materi luas dan keliling bangun datar menjadi materi yang sulit dipahami. Masalah utamanya adalah belum diterapkannya model pembelajaran dan belum diterapkannya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangram pada materi luas dan keliling bangun datar terhadap pemahaman konsep matematis siswa SD Negeri 3 Krapyak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre-eksperimen dengan one grup pre-test post-test yang dilaksanakan di SD Negeri 3 Krapyak dengan sampel anak kelas IV yang berjumlah 24 siswa. Uji instrumen penelitian, pelaksanaan pretest dan posttest, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dilakukan dengan prosedur yang sesuai sehingga data penilian akurat. Diperoleh hasil penelitian adanya pengaruh terhadap pembelajaran siswa setelah diterapkan model pembelajaran problrm based learning berbantuan media tangram dengan meningkatnya pemahaman konsep matematis dari rata-rata 63,58 menjadi 85,25. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media tangram dalam pembelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar dengn adanya peningkatan nilai hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Krapyak.
Copyrights © 2025