Indonesia Economic Journal
Vol. 1 No. 2 (2025): DESEMBER (in progress)

Determinasi Religiusitas, Nilai Sosial, dan Modal Terhadap Keputusan Berwirausaha di Kalangan Masyarakat Muslim: Temuan dari IFLS

Ahdra Tsaqofa Hidayat (Unknown)
Amelia Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Jumlah angkatan kerja di Indonesia yang terus meningkat tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja formal, sementara sektor informal masih mendominasi dan kewirausahaan menjadi salah satu alternatif pekerjaan yang banyak dipilih masyarakat termasuk masyarakat muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah religiusitas, nilai sosial, dan modal mempengaruhi keputusan berwirausaha masyarakat muslim di Indonesia. Data yang digunakan di dalam penelitian ini adalah data sekunder dari Indonesia Family Life Survey tahun 2007 dan 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi logit panelĀ  fixed effect. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sosial dan modal berpengaruh positif secara signifikan terhadap keputusan berwirausaha sementara religiusitas tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan berwirausaha.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

iej

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Accepts research articles, both empirical studies and literature studies that focus on the fields of Economics, Accounting and ...