ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 6 No. 2: Mei 2023

Penerapan Pendidikan Inklusif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Aisyiyah 1 Baolan Kabnpaten Toli-Toli

Eka (Unknown)
Mustamin Idris (Unknown)
Nurhaeda (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penerapan ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Penerapan Pendidikan Inklusif Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Di TK Aisyiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-Toli. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek sasaran penelitian ini yaitu kepala sekolah TK Aisyiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-toli, pendidik kelompok B3 TK Aisyiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-toli dan wali murid peserta didik kelompok B3 TK Aisiyah 1 Baolan Kabupaten Toli-toli. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : pendidikan Inklusif sangat penting terhadap perkembangan sosial emosional anak, untuk mendorong anak-anak berinteraksi dengan teman sebaya tanpa memandang perbedaan. Anak-anak dalam pendidikan inklusif lebih cenderung menunjukkan empati, kerja sama, dan kemampuan berinteraksi dengan teman sebaya secara positif. Selain itu mereka juga lebih mampu mengenali dan mengungkapkan emosi mereka sendiri serta emosi orang lain. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pendidikan inklusif memiliki dampak positif yang signifikan terhadap perkembangan sosial emosional anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...