Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat memengaruhi akhlak dan karakter peserta didik. Kesulitan dalam pengembangan karakter semakin meningkat akibat perkembangan teknologi dan penyebaran ilmu pengetahuan di seluruh dunia. Oleh karena itu, desain pembelajaran PAI berbasis prestasi karakter sangat relevan untuk meningkatkan standar pendidikan agama di Indonesia. Tujuan dari esai ini adalah untuk mengkaji gagasan desain pembelajaran yang menekankan pengembangan karakter di samping perolehan informasi agama, termasuk kejujuran, disiplin, toleransi, dan tanggung jawab. Integrasi tiga domain utama kognitif, emosional, dan psikomotorik dalam pendekatan pembelajaran berbasis karakter ini memperkuat prinsip-prinsip moral. Pembelajaran interaktif, reflektif, dan berbasis proyek adalah beberapa teknik yang digunakan, dan diharapkan dapat membantu peserta didik mengembangkan sikap dan perilaku positif. Sosok panutan guru juga berperan penting dalam penerapan gagasan ini. Oleh karena itu, desain pembelajaran PAI berbasis prestasi karakter dapat menciptakan generasi yang tidak hanya berbakat secara intelektual tetapi juga bermoral, siap menghadapi tantangan dunia modern dengan standar moral yang tinggi
Copyrights © 2025