Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced
Vol. 3 No. 3 (2025): Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and A

Desain Pembelajaran PAI Berbasis Pencapaian Karakter

Marlizayani (Unknown)
Supardi Ritonga (Unknown)
Faridah (Unknown)
Khairina (Unknown)
Rahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat memengaruhi akhlak dan karakter peserta didik. Kesulitan dalam pengembangan karakter semakin meningkat akibat perkembangan teknologi dan penyebaran ilmu pengetahuan di seluruh dunia. Oleh karena itu, desain pembelajaran PAI berbasis prestasi karakter sangat relevan untuk meningkatkan standar pendidikan agama di Indonesia. Tujuan dari esai ini adalah untuk mengkaji gagasan desain pembelajaran yang menekankan pengembangan karakter di samping perolehan informasi agama, termasuk kejujuran, disiplin, toleransi, dan tanggung jawab. Integrasi tiga domain utama kognitif, emosional, dan psikomotorik dalam pendekatan pembelajaran berbasis karakter ini memperkuat prinsip-prinsip moral. Pembelajaran interaktif, reflektif, dan berbasis proyek adalah beberapa teknik yang digunakan, dan diharapkan dapat membantu peserta didik mengembangkan sikap dan perilaku positif. Sosok panutan guru juga berperan penting dalam penerapan gagasan ini. Oleh karena itu, desain pembelajaran PAI berbasis prestasi karakter dapat menciptakan generasi yang tidak hanya berbakat secara intelektual tetapi juga bermoral, siap menghadapi tantangan dunia modern dengan standar moral yang tinggi

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

future

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced is an open-access, peer-reviewed journal and is rated according to international publication standards published by Yayasan Sagita Akademia Maju, Indonesia. Future Academia is dedicated to developing studies of ...