Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa, dimana kompetensi dosen disini berfokus pada kompetensi pedagogik dan profesional. Populasi penelitian yang digunakan adalah total sampling mahasiawa psikologi di salah satu kampus swasta dikota Medan yang berjumlah 150 mahasiswa. Alat ukur disusun berdasarkan dimensi dan aspek yang terdapat pada masing-masing variable penelitian dimana kompetensi guru disusun berdasarkan pendapat yang dikemukakan oleh Mulyasa (2012) mengenai indikator kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Sedangkan alat ukur motivasi belajar disusun berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh teori Cherniss dan Goleman (2001; 2019). Analisa yang digunakan menggunakan analisis regresi dengan komputerisasi dengan aplikasi IBS SPSS statistic 25.00. Hasilnya menunjukkan (1) Terdapat pengaruh yang positif kompetensi pedagogik dosen sebesar 71,8% terhadap motivasi belajar mahasiswa di Medan, (2) terdapat pengaruh yang positif kompetensi profesional dosen sebesar 31,2% terhadap motivasi belajar mahasiswa di Medan.
Copyrights © 2025