Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 5, No 1 (2025): Juli

Efektivitas Komunikasi Interpersonal Guru Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VI Dalam Proses Pembelajaran PAI

Majid, Nurtia (Unknown)
Kade, Syamduddin (Unknown)
Hasriani, Andi (Unknown)
Subaedah, Subaedah (Unknown)
Nawir, Yush (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi interpersonal guru terhadap minat belajar peserta didik kelas VI dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri Sudiang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI. Komunikasi interpersonal guru menjadi fokus utama karena diyakini mampu menciptakan suasana belajar yang kondusif dan meningkatkan minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal guru di SD Negeri Sudiang telah berjalan secara efektif. Guru mampu membangun hubungan yang harmonis dengan siswa melalui keterbukaan, empati, dukungan, serta penggunaan bahasa yang mudah dipahami. Guru juga aktif memberikan umpan balik, motivasi, dan perhatian baik secara akademik maupun emosional kepada siswa. Hal ini berdampak positif pada meningkatnya minat dan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran PAI.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...