Abstrak; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina kepribadian peserta didik kelas VIII A di SMP Alkhairat Bungintimbe, Kabupaten Morowali Utara. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan, khususnya peran guru PAI, dalam membentuk karakter dan kepribadian siswa yang berakhlak mulia, percaya diri, dan mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan tidak hanya sebagai pengajar materi, tetapi juga sebagai pembimbing, motivator, dan teladan dalam membentuk kepribadian siswa melalui penerapan nilai-nilai akhlak Islami. Namun, masih ditemukan kendala seperti rendahnya kepercayaan diri dan kurangnya fokus dalam pembinaan kepribadian peserta didik akibat pengaruh lingkungan sosial. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang lebih intensif dan sistematis dari guru PAI dalam membina dan mengembangkan kepribadian peserta didik agar tujuan pendidikan nasional dapat tercapai secara optimal. Dampak utama penelitian ini adalah memberikan pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya peran guru Pendidikan Agama Islam, memberikan dasar bagi perubahan dan perbaikan kebijakan dan praktik pendidikan di sekolah, sekaligus memperkuat sistem pengembangan kepribadian siswa agar lebih optimal sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.
Copyrights © 2025