Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas yang dibutuhkan dan tantangan dalam memenuhi akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas di sekolah inklusif Kabupaten Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitataif studi kasus. Terdapat 10 sekolah inklusif yang terdiri dari kepala sekolah, guru, anggota kelompok kerja pendidikan inklusif, organisasi penyandang disabilitas dan orang tua siswa penyandang disabiltas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyediaan akomodasi yang layak bagi penyandang disabilitas di sekolah inklusif Kabupaten Jember masih menghadapi berbagai tantangan. Meskipun terdapat beberapa upaya untuk meningkatkan aksesibilitas, banyak aspek yang perlu diperbaiki, mulai dari pemahaman tentang kebutuhan penyandang disabilitas hingga penyediaan fasilitas fisik yang memadai berupa penyediaan fasilitas fisik, dukungan psikologis, pelatihan bagi guru, serta penerapan kurikulum berdeferensiasi. Tantangan yang dihadapi berupa minimnya anggaran, perlunya regulasi dan evualuasi terhadap iplementasi penyelenggaraan pendidikan inklusi.
Copyrights © 2025