Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan kearifan lokal rumah adat Nuwou Sesat dalam pembelajaran etnomatematika bagi siswa kelas III sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SDN 1 Lampung Tengah. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unsur-unsur matematika seperti bangun datar, simetri, dan pola bilangan dapat dikenalkan kepada siswa melalui pengamatan terhadap struktur arsitektur rumah adat Nuwou Sesat. Penerapan pembelajaran kontekstual berbasis budaya lokal ini meningkatkan minat belajar, pemahaman konsep matematika, dan rasa cinta terhadap budaya daerah. Dengan demikian, pembelajaran etnomatematika berbasis kearifan lokal menjadi pendekatan yang efektif dalam meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah dasar.
Copyrights © 2023