Pendekatan saintifik menjadi ciri khas dalam kurikulum Merdeka. Penerapan langkah-langkah saintifik bertujuan menggali secara mendalam suatu konsep pengetahuan. Nyatanya masih ada guru yang tidak memberikan kesempatan kepada anak untuk menemukan pengetahuan, sehingga proses pembelajaran didominasi oleh guru. Terciptanya proses pembelajaran bermakna dan menyenangkan melalui pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran di PAUD guna mewujudkan generasi yang dibutuhkan pada era abad ke-21. Penelitian ini dilakukan kepada 3 guru di Kota Tangerang menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini antara lain (1) guru telah memiliki pengetahuan terkait dengan pendekatan saintifik, namun pelaksanaannya tidak dilakukan secara sistematis, (2) Hambatan dalam menerapkan pendekatan saintifik ialah kesulitan menyusun kegiatan dan menemukan media pembelajaran, (3) pendekatan saintifik memiliki dampak positif bagi kemampuan kognitif, komunikasi dan social-emosional anak usia dini.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023