Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Pembatasan Penggunaan Gadget untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Pada Anak

Istikomah, Tri (Unknown)
Munthomimah, Siti (Unknown)
Huda, Choirul (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak. Menggunakan metode penelitian tindakan kelas(PTK), model Kemis dan Mc Taggart, ada 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,pengamatan dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas B2 sejumlah 16 anak. Hasil analisis menunjukkan bahwa dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak di TKMNU 8 Darussalam Sitirejo Wagir terdiri dari dampak positif dan dampak negatif. Dampak positif penggunaan gadget yaitu meningkatkan kemampuan anak dalam mengakses informasi dan pengetahuan. Sedangkan dampak negatif penggunaan gadget yaitu anak lebih mudah marah, susah diatur, disiplin anak berkurang dan tidak mau bersosialisasi, dilakukan dengan memberikan buku kegiatan yang berbasis keluarga untuk siklus 1 dengan tema malam tanpa gadged. Untuk siklus 2 diberikan buku kegiatan berbasis keluarga dengan tema aku senang tanpa gadget. Setelah dilakukan  strategi pembatasan penggunaan gadget terdapat perubahan sosial emosional anak yakni kemampuan sosial emosional anak mulai ada peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Kompetensi Dasar anak memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama dengan indikator perilaku anak yang bisa menerima perbedaan teman dengan dirinya, pada pra tindakan sebesar31,25%. Setelah tidakan siklus 1 meningkat menjadi 40,63%. Sedangkan pada siklus 2 mencapai 68,75%. Hal ini menunjukkkan bahwa sosial emosional anak (77,08%) sudah melebihi indikator.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...