Aktivitas seni memiliki peran penting dalam membantu anak usia dini mengekspresikan emosi serta mengembangkan keterampilan motorik dan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengekspresikan diri melalui kegiatan membatik ecoprint pada anak Kelompok B TK ABA 2 Sumberpucung Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup dua pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.  Subjek penelitian terdiri dari 21 anak didik, yaitu 13 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengekspresikan diri anak meningkat secara bertahap.  Hasil penelitian  siklus 1 pertemuan 1 capaian meningkat menjadi 60% pada Siklus dan 67% pada Siklus 1 pertemuan 2, menandakan proses adaptasi mulai terjadi. Selanjutnya, Peningkatan signifikan terjadi pada Siklus 2 pertemuan 1 sebesar 73%, hingga mencapai 85% pada Siklus 2 pertemuan 2.. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan membatik ecoprint efektif dalam meningkatkan kemampuan mengekspresikan diri karya seni bagi anak usia dini, serta dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran seni yang inovatif di PAUD
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025