Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Pengaruh Bermain Kolaborasi Dalam Permainan Tradisional Terhadap Keterampilan Sosial Anak Speech Delay Di RA Sekolah Cendekia Berseri

Nurlia, Nurlia (Unknown)
Parwoto, Parwoto (Unknown)
Amriani, H., Sri Rika (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh bermain kolaboratif melalui permainan tradisional terhadap peningkatan keterampilan sosial anak dengan kesulitan berbicara di RA sekolah Cendekia Berseri. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya keterampilan sosial bagi anak dengan keterlambatan bicara yang sering mengalami kesulitan dalam komunikasi, interaksi, dan kerja sama. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen subjek tunggal (ABA). Subjek penelitian adalah seorang anak dengan hambatan bicara. Intervensi dilakukan melalui permainan tradisional seperti balap karung, dende, dan engrang batok kelapa. Hasil menunjukkan peningkatan keterampilan sosial setelah intervensi. Permainan tradisional kolaboratif terbukti efektif dalam mendukung perkembangan sosial anak. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam menyusun strategi pembelajaran inklusif. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...