Kemampuan pemodelan matematika merupakan salah satu kompetensi penting dalam pembelajaran abad ke-21 karena membantu siswa menghubungkan konsep matematika dengan situasi nyata secara bermakna. Namun, sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam menerapkan konsep perbandingan senilai ke dalam konteks dunia nyata. Hal ini disebabkan karena pembelajaran matematika cenderung prosedural dan tidak dikaitkan dengan pengalaman konkret siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan konteks permainan engrang yang valid dan praktis guna mendukung kemampuan pemodelan matematika siswa pada materi perbandingan senilai. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe development study dengan model Tessmer yang meliputi tahap preliminary dan formative evaluation. Subjek penelitian melibatkan tiga siswa dalam uji coba one-to-one dan enam siswa dalam uji coba small group. Instrument yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan angket kepraktisan. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan sangat valid ditinjau dari aspek konten, konstruk dan bahasa. Uji kepraktisan menunjukkan bahwa siswa dapat memahami isi LKPD dengan baik dan terlibat aktif dalam proses pemodelan matematika mulai dari memahami konteks, membangun model matematika, hingga menafsirkan hasil model. Hasil ini menunjukkan bahwa LKPD materi perbandingan senilai dengan menggunakan konteks permainan engrang dapat menjadi alternatif bahan ajar yang efektif dalam mendukung kemampuan pemodelan matematika siswa.
Copyrights © 2025