Jurnal Sosial dan Sains
Vol. 5 No. 7 (2025): Jurnal Sosial dan Sains

Pembelajaran STEM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Rosilawati, Leni (Unknown)
Abidin, Zaenal (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2025

Abstract

Berdasarkan perkembangan zaman, dunia pendidikan banyak mengalami perubahan, termasuk berbagai kompetensi yang di harapkan ada pada siswa sesuai dengan perkembangan abad 21. Saat ini STEM banyak digunakan untuk meningkatkan berbagai kompetensi. Salah satunya kompetensi berpikir kritis siswa sekaligus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran di abad 21. Pembelajaran STEM dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam empat bidang pengetahuan, yaitu keterampilan sains, keterampilan pengoperasian teknologi, pemecahan permasalahan secara teknis, dan keterampilan pada matematika. Namun pencapaian semua kompetensi tersebut haruslah dibarengi dengan kemampuan berpikir kritis sebagai mother of competence dari kompetensi utama dalam empat kompetensi di abad 21. Tujuan penulisan artikel ilmiah ini adalah untuk melihat bagaimana pembelajaran berbasis STEM yang dilakukan di sekolah, lalu bagaimana hasil yang didapatkan dari penerapan STEM tersebut terhadap siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ilmiah ini ialah dengan studi kajian literatur dengan metode Systematic Literature Review (SLR). Kajian literatur ini dilakukan dengan mengidentifikasi, mengkaji, mengevaluasi serta menafsirkan penelitian yang fokus pada topik penelitian. Artikel ini mengkaji efektivitas pembelajaran STEM dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan mengintegrasikan sains, teknologi, teknik dan matematika, sehingga membuat pembelajaran lebih relevan dan menarik. Melalui metode systematic literature review, 10 artikel yang relevan dianalisis. Hasilnya menunjukkan bahwa pembelajaran STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Berdasarkan temuan tersebut, artikel ini merekomendasikan penggunaan pembelajaran STEM sebagai alternatif dalam pembelajaran yang kontekstual dan relevan, yang dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

sosains

Publisher

Subject

Astronomy Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Physics

Description

Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) is a double blind peer-reviewed academic journal and open access to social and science fields. The journal is published monthly by Green Publisher Indonesia. Jurnal sosial dan sains (SOSAINS) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall ...