Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 2 (2025): Mei - Juli

Green Purchase Intention: Environmental Knowledge, WOM, Green Marketing melalui Environmental Attitude

Herawati , Anisa Nur (Unknown)
Adhilla, Fitroh (Unknown)
Purwoko, Purwoko (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh environmental knowledge, word of mouth (WOM), dan green marketing terhadap green purchase intention produk Wardah dengan variabel mediasi environmental atitude. Subjek dalam penelitian ini adalah pelanggan produk Wardah. Dalam penelitian ini, terdapat 218 responden yang mengisi kuesioner melalui google form, dan hanya 163 kuesioner yang dapat diolah dengan menggunakan teknik probability sampling. Data yang didapat kemudian diolah dengan menggunakan analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) 4.0. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa (1) environmental knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude; (2) word of mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap environmental attitude; (3) green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap environmental attitude (4) environmental attitude berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention; (5) environmental knowledge berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi; (6) word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi; (7) green marketing berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap green purchase intention melalui environmental attitude sebagai variabel mediasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...