Penelitian ini berfokus pada aplikasi mobile banking Livin by Mandiri yang merupakan salah satu aplikasi perbankan digital terkemuka di Indonesia, khususnya di kalangan Generasi Z. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 114 responden yang berasal dari wilayah Jakarta Timur dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling, yaitu purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan kemudian dianalisis menggunakan metode statistika deskriptif dan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dilakukan melalui uji t dan uji F. Berdasarkan hasil penelitian, variabel kepercayaan (X1) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan, dengan signifikansi sebesar 0,091 (> 0,05), dengan demikian Ha1 ditolak sedangkan H01 diterima. Variabel kenyamanan (X2) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan, dengan signifikansi sebesar 0,791 (> 0,05), dengan demikian Ha2 ditolak sedangkan H02 diterima. Variabel kepercayaan (X1) dan kenyamanan (X2) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan, dengan signifikansi sebesar 0,238 (> 0,05), dengan demikian Ha3 ditolak sedangkan H03 diterima. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa kepercayaan dan kenyamanan hanya menjelaskan 0,6% dari variasi minat penggunaan. Semakin baik sistem kepercayaan dan kenyamanan yang diberikan oleh aplikasi Livin by Mandiri, tidak secara signifikan meningkatkan minat pengguna Gen Z.
Copyrights © 2025