UMKM coffee shop tumbuh sangat pesat di Yogyakarta yang dikenal sebagai Kota Pelajar dan Mahasiswa dan Kota Budaya. Coffee Shop identik dengan orang muda atau yang berjiwa muda. Coffee shop berlomba-lomba mempercantik diri dan membranding diri agar selalu dibanjiri kaum muda yang mengerjakan tugas kuliah, kantor, berdiskusi atau rapat, hingga yang hanya sekedar nongkrong. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatkan kinerja bisnis coffee shop dengan selalu mengadakan evaluasi dan meningkatkan kegiatan marketing, meningkatkan kualitas produk, pengaturan jadwal kerja karyawan, dan pengelolaan laporan keuangan secara cermat. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan pelatihan mengenai analisis keuangan, inovasi menu, pemasaran dengan media sosial, danpenjadwalan karyawan. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah meningkatnya pemasaran digital yang mampu menyedot pelanggan, pengaturan jadwal kerja karyawan sehingga tidak overlap, mengayaan menu coffee shop, dan pengelolaan laporan keuangan sehingga dapat dilakukan pengendalian secara tepat.
Copyrights © 2025