Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa
Vol. 3 No. 5 (2025): Juli

Pengenalan Bahasa Indonesia pada Anak- anak Pengguna Bahasa Sunda: Pembinaan Bahasa Indonesia

Damara, Dinda Rahma (Unknown)
Sari, Fovi Rahma (Unknown)
Maulana, Ikhsan (Unknown)
Wahyuningsih, Intan Ayu (Unknown)
Rahmawati, Rifa (Unknown)
Hanifah, Ifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Mengenal Bahasa Indonesia yang baik dan benar sejak dini merupakan hal yang penting, dikarenakan dewasa ini banyak sekali Bahasa Indonesia yang kurang tepat namun sudah dianggap lumrah di masyarakat. Oleh sebab itu pembinaan ini dilahirkan. Tujuan utama dari pembinaan ini adalah untuk membantu anak–anak dalam mempelajari Bahasa Indonesia sebagai Bahasa kedua mereka, terutama bagi anak–anak yang menggunakan Bahasa sunda sebagai Bahasa ibu. Metode pembinaan yang digunakan adalah pendekatan interaktif dengan media visual dan kegiatan bermain Bahasa. Materi pembinaan mencakup pengenalan kosakata, suku kata, dan penyusunan kalimat sederhana. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dan menyenangkan mampu meningkatkan ketertarikan serta kemampuan berbahasa anak–anak secara bertahap. Pembinaan ini membuktikan bahwa dengan metode yang tepat, anak–anak dapat memahami struktur dasar Bahasa Indonesia dengan lebih efektif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmba

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Energy Health Professions Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Medicine & Pharmacology Nursing Physics Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, ...