Journal of Classroom Action Research
Vol. 7 No. 3 (2025): Agustus 2025

Implementasi Guided Discovery Learning dengan Simurelay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sistem Kendali di SMK 3 PGRI Malang

Pratama, Yogi Adi (Unknown)
Darmanto, Mustafa (Unknown)
Faiz, Mohamad Rodhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan semakin pesat, khususnya dalam pembelajaran berbasis praktik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satu tantangan dalam pembelajaran Sistem Kendali adalah keterbatasan alat praktik yang dapat menghambat pemahaman siswa terhadap konsep rangkaian kendali listrik. Simurelay merupakan aplikasi simulasi yang dirancang untuk membantu siswa dalam memahami prinsip kerja sistem kendali berbasis relay tanpa harus bergantung pada peralatan fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan aplikasi Simurelay dalam pembelajaran Sistem Kendali guna meningkatkan hasil belajar siswa di SMK 3 PGRI Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, serta wawancara guna mengukur efektivitas aplikasi terhadap peningkatan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Simurelay dalam pembelajaran Sistem Kendali mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa secara signifikan. Aplikasi ini membantu siswa dalam melakukan simulasi rangkaian kendali dengan lebih fleksibel dan efisien. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan minat belajar karena pendekatan berbasis teknologi yang lebih interaktif dan praktis. Dengan demikian, implementasi aplikasi Simurelay dapat menjadi solusi inovatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sistem Kendali.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...