Economics and Digital Business Review
Vol. 7 No. 1 (2025): Agustus - Januari

Pengaruh strategi komunikasi customer care PT Telkom Dompu dalam mempertahankan loyalitas pelanggan indihome

Fitriani, Nurlailah (Unknown)
Suhaety, Yeye (Unknown)
Rubiyanty, Desi (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi komunikasi customer care PT Telkom Dompu dalam mempertahankan loyalitas pelanggan IndiHome. Keterbaruan dari penelitian ini terletak pada fokus lokasinya yang masih jarang diteliti, yaitu wilayah Dompu, serta pendekatan empiris berbasis data kuantitatif. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei melalui kuesioner kepada 88 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi customer care berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai R² sebesar 0,369, artinya 36,9% loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh strategi komunikasi tersebut. Komunikasi yang dilakukan secara responsif, empatik, dan solutif terbukti mampu meningkatkan hubungan emosional antara pelanggan dan perusahaan, sehingga memperkuat loyalitas. Penelitian ini memberikan rekomendasi penting bagi PT Telkom Dompu untuk terus meningkatkan kualitas komunikasi tim customer care guna mempertahankan pelanggan dalam menghadapi persaingan industri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ecotal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Economics and Digital Business Review, is published by STIE Amkop Makassar in 2020, with registered number ISSN : 2774-2563 (Online), is a peer-reviewed journal published Economics and Digital Business Review published two times a year (January & July) by STIE Amkop Makassar, It provides an academic ...