Penelitian ini mengatasi permasalahan metode pembelajaran yang kurang efektif dengan menggunakan gambar statis dalam mengenalkan profesi kepada anak-anak di TK Timothy Kids Wolaang, yang membatasi keterlibatan dan aksesibilitas. Tujuannya adalah mengembangkan aplikasi pembelajaran interaktif berbasis Augmented Reality (AR) pada platform Android untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman anak-anak tentang berbagai profesi. Proses pengembangan menggunakan metodologi Multimedia Development Life Cycle (MDLC) untuk memastikan pembuatan aplikasi yang sistematis dan optimal. Temuan menunjukkan bahwa teknologi AR, dengan kemampuannya menyajikan konten 3D virtual, real-time, dan interaktif, secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman belajar pada anak usia dini. Selain itu, pemilihan Android sebagai platform memanfaatkan penggunaan yang luas di Indonesia sehingga memudahkan akses pengguna. Penelitian menyimpulkan bahwa penerapan aplikasi berbasis AR di Android secara efektif mengatasi keterbatasan media tradisional, memberikan alat edukasi yang lebih menarik, efisien, dan mudah diakses bagi anak-anak untuk mengenal profesi, mendukung pembelajaran awal dan cita-cita masa depan mereka.
Copyrights © 2025