Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan dribbling sepak bola siswa kelas XI IPS SMA Negeri 9 Merangin. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas siswa dan tes keterampilan dribbling. Indikator keberhasilan ditentukan melalui ketuntasan belajar klasikal sebesar ≥75%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penerapan model Discovery Learning. Pada kondisi pra tindakan, hanya 21% siswa yang mencapai ketuntasan belajar. Setelah tindakan pada siklus I, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 58%, namun belum memenuhi indikator keberhasilan. Tindakan dilanjutkan ke siklus II, dan diperoleh hasil ketuntasan sebesar 100% atau seluruh siswa telah memenuhi kriteria yang ditetapkan. Peningkatan ini menunjukkan bahwa penerapan model Discovery Learning mampu mendorong keterlibatan aktif siswa dan membantu mereka dalam memahami konsep gerak dribbling secara mandiri melalui proses penemuan. Dengan demikian, model pembelajaran Discovery Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan dribbling sepak bola siswa.
Copyrights © 2025