Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 11 No. 3 (2025)

Makna Tanda dalam Iklan Kecantikan: Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce

Ahmad Alif Jaya (Unknown)
Johar Amir (Unknown)
Juanda, Juanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk ikon dalam iklan kecantikan, bentuk indeks, simbol, dan keterkaitan tanda ikon, indeks dan symbol untuk menghasilkan makna pragmatis. Data penelitian ini adalah pernyataan verbal dan nonverbal yang menjadi tanda ikon, indeks, dan simbol yang terdapat dalam iklan kecantikan. Sumber data penelitian ini adalah iklan produk kecantikan yang terdiri dari 20 brand produk kecantikan lokal di. Adapun teknik pengumpulan data melalui teknik dokumentasi dan teknik catat dengan menerapkan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tanda jenis Iklan produk kecantikan memanfaatkan ikon image dan ikon diagram secara dominan. Selain itu, tanda jenis indek yang paling menonjol pada produk kecantikan adalah indeks persona, ditandai dengan ekspresi wajah, kondisi kulit, serta gaya hidup sehat yang ditampilkan oleh model iklan. Di samping itu, tanda jenis simbol dalam iklan produk kecantikan merupakan simbol konvensional berupa nama merek, slogan, warna, dan teks mandatories memainkan peran penting dalam membentuk identitas dan nilai ideologis produk. Keterkaitan antara tanda jenis ikon, indeks, dan simbol dalam iklan produk kecantikan menghasilkan makna pragmatis yang bersifat dinamis. Penelitian ini memperkaya kajian linguistik visual dan komunikasi media dengan mengungkap makna tanda-tanda dalam iklan kecantikan melalui pendekatan semiotika Charles Sanders Peirce. Penelitian selanjutnya dapat membandingkan makna tanda dalam iklan lintas budaya dan platform digital serta mengintegrasikan pendekatan interdisipliner seperti teori feminis atau ekofeminisme.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...