Center of Economic Students Journal (CSEJ)
Vol. 8 No. 3 (2025): July-September (2025)

Pengaruh Profitabilitas, Transfer Pricing, dan Ukuran Perusahaan terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Ade Pathya Purwanti (Unknown)
Bahar Sinring (Unknown)
Amiruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, transfer pricing, dan ukuran perusahaan terhadap tax avoidance pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan selama periode 2021–2023. Dari total populasi sebanyak 90 perusahaan, dipilih 10 perusahaan sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas, transfer pricing, dan ukuran perusahaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap tax avoidance. Temuan ini mengindikasikan bahwa perusahaan dengan tingkat profitabilitas tinggi, praktik transfer pricing yang aktif, dan skala usaha yang besar cenderung memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk melakukan penghindaran pajak. Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya pengawasan yang lebih ketat dari otoritas perpajakan terhadap perusahaan-perusahaan besar dan menguntungkan, terutama dalam sektor pertambangan, guna meminimalkan praktik tax avoidance yang dapat berdampak pada penerimaan negara.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CSEJ

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

CESJ : Center Of Economic Students Journal is an economics journal/article published and updated on a regular basis by students from the Faculty of Economics at UMI that aims to serve as a place to accommodate ideas, scientific studies, and studies, as well as a conduit of information for academic ...