Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan terhadap peserta JAMKESMAS pada PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Kuesioner disebarkan kepada 100 peserta JAMKESMAS yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis SERVQUAL dan angka indeks (Q). Jika skor persepsi lebih kecil daripada skor harapan, maka kualitas pelayanan tidak baik. Jika skor kualitas (Q) < 1, maka kualitas pelayanan dikatakan tidak baik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor SERVQUAL bernilai -0,80 yang berarti kualitas pelayanan yang diberikan oleh PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna kepada peserta JAMKESMAS dikatakan tidak baik. Demikian pula jika dilihat dari dari besaran indeks kualitas (Q), yaitu sebesar 0,83. Dengan angka indeks lebih kecil dari 1 (0,83< 1), maka kualitas pelayanan yang diberikan oleh PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna kepada peserta JAMKESMAS masih rendah. Skor SERVQUAL kelima dimensi kualitas pelayanan bernilai negatif yang berarti kelima dimensi kualitas pelayanan PUSKESMAS Serasan Timur di Kabupaten Natuna masih rendah. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Peserta JAMKESMAS, PUSKESEMAS, danAnalisis SERVQUAL
Copyrights © 2016