An-Nashiha: Journal of Broadcasting and Islamic Comunication Studies
Vol. 5 No. 01 (2025): April : Jurnal AN-Nashiha Journal of Broadcasting and Islamic Communcation Stu

Konstruksi Media Terhadap Kewirausahaan. Analisis Framing Editorial Majalah Forbes Indonesia 2018

PRASTOWO, MAHISA DWI (Unknown)
SARI, DWI ULINA (Unknown)
JULIKA, MAULY ARZAK (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji bagaimana majalah Forbes Indonesia yang merupakan media khusus meliputi para pengusaha. Adapun pendekatan penelitian merupakan pendekatan kualitatif dengan metode Analisis Framing yaitu model analisis framing Robert Entman. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Majalah Forbes Indonesia membuat konstruksi realitas pesan-pesan kewirausahaan yang dimuatnya dengan mengkonstruksikan kewirausahaan sebagai jalan kesuksesan. Kewirausahaan digambarkan sebagai cara mencapainya yaitu dengan menyesuaikan diri perkembangan dunia ekonomi. 2) Majalah Forbes Indonesia melakukan branding dalam pemuatan pesan-pesan kewirausahaan tersebuut dengan memposisiskan dirinya sebagai media penyedia informasi bisnis yang berkualitas tinggi yang layak menjadi rujukan standar komunitas bisnis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

an-nashiha

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal AN-NASHIHA: Journal of Broadcasting and Islamic Comunication Studies ini dikelola oleh Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Pesantren Sunan Drajat Lamongan dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Pesantren Sunan Drajat ...