Jurnal Vokasi
Vol 9, No 2 (2025): Juli

Pengenalan Bahasa Inggris Sejak Dini: Program Edukasi Interaktif untuk Anak-Anak di Kelurahan Kwala Bekala

Nuraini, Nuraini (Unknown)
Sari Hasibuan, Raya Puspita (Unknown)
Nofianna, Siti Asnida (Unknown)
Seri, Ermyna (Unknown)
Kairani, Ade Irma (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan dasar berbahasa Inggris anak usia dini di lingkungan Masjid Al-Halim sebagai bentuk dukungan terhadap pendidikan sejak dini yang menyenangkan dan efektif. Permasalahan yang dihadapi mitra meliputi tidak tersedianya program pembelajaran Bahasa Inggris yang terstruktur untuk anak-anak, kurangnya media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik usia dini, serta minimnya lingkungan yang mendukung eksposur bahasa Inggris secara aktif. Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari melalui sesi pembelajaran interaktif yang melibatkan media edukatif seperti kartu kosakata, lagu, gambar, dan permainan.Metode yang diterapkan berfokus pada pendekatan belajar sambil bermain untuk menyesuaikan dengan tahapan perkembangan anak usia dini. Kegiatan difokuskan pada pengenalan kosakata dasar Bahasa Inggris melalui aktivitas yang menyenangkan dan partisipatif. Hasil observasi menunjukkan peningkatan antusiasme, keterlibatan aktif peserta, serta dukungan penuh dari mitra pelaksana. Pengabdian ini diharapkan dapat menjadi model awal program edukatif berbasis komunitas yang dapat direplikasi dan dikembangkan lebih lanjut di lingkungan serupa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

vokasi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Social Sciences

Description

Jurnal Vokasi mempublikasikan artikel ilmiah dari hasil Penerapan IPTEKS dan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan scope pengabdian bidang teknik dan sosial. ...