Journal of Knowledge and Collaboration
Vol. 2 No. 7 (2025): Journal of Knowledge and Collaboration

Pengalaman Proses Resosialisasi Mantan Warga Binaan Rumah Tahanan Kelas IIB Siak

Juliana, Eka (Unknown)
Usmita , Fakhri (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan pengalaman proses resosialisasi yang dialami oleh mantan warga binaan Rumah Tahanan Kelas IIB Siak setelah menjalani masa pidana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari mantan warga binaan, petugas pemasyarakatan, keluarga, dan tokoh masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses resosialisasi melibatkan dua bentuk pembinaan utama, yaitu Pembinaan kepribadian mencakup kegiatan keagamaan dan moral yang mampu meningkatkan kesadaran spiritual warga binaan, sementara pembinaan kemandirian berupa pelatihan keterampilan kerja bertujuan membekali mereka untuk hidup mandiri setelah bebas. Dukungan keluarga menjadi faktor kunci dalam keberhasilan reintegrasi sosial, sedangkan stigma masyarakat dan kondisi overkapasitas rutan menjadi hambatan yang signifikan. Penelitian ini dianalisis menggunakan teori kontrol sosial Travis Hirschi, yang menekankan pentingnya keterikatan sosial (attachment), keterlibatan dalam kegiatan positif (involvement), komitmen terhadap tujuan hidup (commitment), dan kepercayaan terhadap nilai-nilai sosial (belief). Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan program pembinaan yang berkelanjutan serta keterlibatan masyarakat secara inklusif dalam mendukung proses reintegrasi mantan warga binaan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

Journal of Knowledge and Collaboration is open access and peer-reviewed journal with e-ISSN XXX-XXX, JKC is an international journal devoted to the study of science and technology in a social context. It focuses on the way in which advances in science and technology influence society and vice versa. ...