Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum
Vol 3 No 3 (2025): 2025

Pengembangan Model Learning Cycle 5E Berbasis Meaningful Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Peserta Didik

Nurfadhilah, Nurfadhilah (Unknown)
Darmansyah, Darmansyah (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Transformasi pendidikan menuntut inovasi dalam pemilihan model pembelajaran yang tidak hanya teknis, tetapi juga mampu menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan sebelumnya secara kontekstual. Model pembelajaran yang digunakan di kelas selama ini belum sepenuhnya mempertimbangkan kebutuhan peserta didik sehingga berdampak pada rendahnya pencapaian KKM dan kurangnya keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Learning Cycle 5E berbasis meaningful learning guna meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis kebutuhan yang terdiri dari lima tahap: front-end analysis, learner analysis, task analysis, concept analysis, dan specifying instructional objectives. Data dikumpulkan melalui wawancara dan angket terbuka kepada pendidik dan peserta didik di SMP Negeri 1 Padang Panjang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan dapat mengakomodasi kebutuhan belajar peserta didik secara lebih aktif, reflektif, dan aplikatif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan model pembelajaran berbasis meaningful learning efektif dalam membentuk kemampuan berpikir kritis serta mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran secara holistik

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AlZayn

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum dengan e-ISSN 3026-2917 p-ISSN 3026-2925 Prefix DOI 10.61104. adalah jurnal akses terbuka peer-reviewed dan mengikuti kebijakan single-blind review. Artikel ilmiah pada Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum merupakan hasil penelitian orisinal, ide konseptual, dan ...