Pemikiran Komputasional (Computational Thinking) telah diakui sebagai keterampilan kritis di era digital, relevan untuk berbagai disiplin ilmu dan penting untuk memecahkan masalah kompleks. Studi ini melakukan Tinjauan Literatur Sistematis (SLR) untuk menganalisis penelitian yang ada mengenai integrasi Computational Thinking dalam pendidikan. Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengevaluasi, dan menyintesis temuan dari berbagai studi yang dipublikasikan antara tahun 2021 hingga 2024. Artikel ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang penerapan Computational Thinking dalam pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah tinjauan sistematis (Systematic Literatur Review) dengan fase: 1) Fase Identifikasi; 2) Fase Penyaringan; 3) Fase Kelayakan; dan 4) Fase Inklusi. Sumber data yang dianalisis berasal dari jurnal internasional yang terindexs schopus terbitan 4 tahun terakhir yakni dari tahun 2021 hingga 2024. Analisis data dilakukan dengan melakukan penelaahan dari sisi konten artikel yang telah memenuhi kriteria penilaian kelayakan artikel dan difokuskan pada pertanyaan penelitian. Hasil dari penelitian ini menjawab integrasi Computational Thinking dalam pembelajaran, sisi lainnya juga akan ditelaah menghubungkan Computational Thinking ke Sistem informasi dengan mengintegrasikan Sistem Thinking ke dalam penelitian Computational Thinking.
Copyrights © 2025