Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana literasi matematis siswa extrovert dalam menyelesaikan ill-structure problem. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling untuk dilakukan wawancara yaitu dengan memilih siswa yang memiliki kemampuan literasi matematis yang tinggi dan dengan tipe kepribadian extrovert. Teknik pengumpulan data terdiri dari pengisian angket tipe kepribadian, tes literasi matematis dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek mampu memenuhi indikator formulate (merumuskan), yaitu mampu mengidentifikasi informasi serta variabel penting dalam permasalahan, dan menyusun model matematis yang sesuai. Namun, subjek belum mampu memenuhi indikator employ (menggunakan) karena tidak menerapkan model yang telah disusun untuk menemukan solusi. Selain itu, subjek juga belum memenuhi indikator interpret (menafsirkan) karena tidak menafsirkan hasil matematis yang diperoleh dalam konteks masalah.
Copyrights © 2025