Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volume Kubus

Ladisya, Niken (Unknown)
Adillah, Affrati (Unknown)
Putri, Gebby Indah (Unknown)
Lathifa, Khoiro (Unknown)
Wulandari, Lidya (Unknown)
Antosa, Zariul (Unknown)
Sandy, Ricka (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Di era sekarang Pendidikan di Sekolah Dasar (SD) khususnya harus mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep pada peserta didik, salah satunya dalam pembelajaran matematika materi volume kubus yang sering dianggap abstrak dan sulit dipahami siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 8 Pekanbaru pada materi volume kubus. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, melibatkan 33 peserta didik sebagai sampel. Data dianalisis menggunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran berbasis proyek. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 80,88 menjadi 88,48 dengan peningkatan yang signifikan secara statistik (p < 0,05). Pembelajaran berbasis proyek terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan mendorong keterlibatan aktif peserta didik, sehingga dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang inovatif dan kontekstual di jenjang SD.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...