Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2025): Jurnal Kiprah Pendidikan | Juli 2025

Analisis Kesulitan Guru Kelas IV dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar

Amanulah, Cahya Alam (Unknown)
Ramadhan, Zaka Hadikusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi ialah pendekatan yang bertujuan untuk mengkondisikan tahapan belajar di kelas, sehingga dapat memfasilitasi proses belajar bagi siswa secara individual. Masih terdapat banyak tantangan yang dihadapi dalam implementasinya seperti kesulitan dalam mengelola kelas, karena ada banyak aspek yang harus disiapkan seperti ada asesmen diagnostik kemudian memetakan kebutuhan belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk memngetahui apa saja kesulitan guru kelas IV dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam melaksanakan pembelajaran guru menggunakan beberapa tahapan seperti, pemetaan kebutuhan belajar, melaksanakan pembelajaran, dan melaksanakan evaluasi. Dari tahapan tersebut didapatkan bahwa guru mendapati beberapa kesulitan dalam melaksanakannya, khususnya dalam mencari konten atau materi ajar yang mengakomodasi seluruh kebutuhan belajar siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...