Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol. 6 No. 2 (2025): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Penanaman Nilai Moderasi Beragama Melalui Pengajian Rutin di Kampung Cihurip Desa Pangauban Kecamatan Batujajar

Hilmansah, Deden (Unknown)
Komarudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan menanamkan nilai moderasi beragama kepada warga Kampung Cihurip RT 01 RW 11 Desa Pangauban, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat melalui pengajian rutinan. Moderasi beragama didefinisikan sebagai sikap toleran, menghormati perbedaan, dan menolak ekstremisme. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan observasi langsung dan peneliti terlibat langsung di lapangan sebagai narasumber. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tokoh agama, pengurus pengajian, dan warga setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi warga mencapai 80% dari total kepala keluarga, dengan keterlibatan aktif dalam diskusi, tanya jawab, dan refleksi bersama. Setelah mengikuti pengajian, pemahaman warga tentang moderasi beragama meningkat secara signifikan, terutama dalam aspek toleransi dan penghormatan terhadap perbedaan, yang tercermin dalam hubungan sosial harmonis dan hilangnya konflik berbasis agama. Keberhasilan ini didukung oleh peran masyarakat dan ulama, serta tradisi keagamaan yang kuat, meskipun adanya perlawanan seperti pandangan konservatif kaku dan pengaruh media sosial ekstrem tetap ada. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan berkelanjutan melalui dialog inklusif dan edukasi berbasis media terpercaya untuk memperkuat nilai moderasi. Temuan ini memberikan kontribusi signifikan bagi model pembinaan masyarakat yang harmonis dan toleran, baik dalam konteks lokal maupun sebagai inspirasi bagi komunitas lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

educivilia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2721-1541 dan E-ISSN 2721-5113 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu ...