Journal Of Sharia Banking
Vol 6, No 1 (2025): Journal Of Sharia Banking

STRATEGI PEMASARAN PADA JAMAN RASULLULLAH

Panira, Sismaul (Unknown)
Malahayatie, Malahayatie (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2025

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengungkapkan prinsip-prinsip pemasaran yang diikuti oleh Nabi Muhammad SAW dalam perniagaannya, menekankan pentingnya kejujuran, dan relevansinya dengan konsep syariah marketing dalam konteks bisnis modern. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, mengumpulkan teori dan data dari berbagai sumber seperti buku, jurnal ilmiah, statistik, dan referensi lain yang berkaitan dengan prinsip-prinsip muamalah dalam Islam. Analisis dilakukan secara deskriptif dengan mengutip pendapat ulama dan ahli ekonomi Islam serta dalil-dalil dari Al-Qur'an dan Hadis. Artikel ini membahas berbagai strategi pemasaran yang diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW, termasuk strategi produk, harga, tempat, dan promosi. Juga, dibahas prinsip-prinsip dasar pemasaran syariah yang mencakup tauhid, keadilan, dan ma'ad. Pemasaran syariah menekankan pada aspek spiritualitas, etika, dan tanggung jawab sosial. Penerapan strategi bisnis Rasulullah seperti niat yang baik, amanah, komunikatif, cerdas, dan jujur juga diuraikan untuk menunjukkan relevansi dan efektivitas prinsip-prinsip tersebut dalam mencapai keberhasilan bisnis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa prinsip-prinsip pemasaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW tidak hanya relevan dalam konteks historis tetapi juga sangat aplikatif dalam praktik bisnis modern, khususnya dalam upaya mengatasi berbagai masalah etika dan kepercayaan dalam pemasaran konvensional.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jsbanking

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

journal of sharia banking is a sharia banking journal of the faculty of Islamic economics and business State Islamic Institute Padangsidimpuan which is published every two times a ...