Jurnal Penelitian Multidisiplin Bangsa
Vol. 2 No. 2 (2025): Juli

Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ), Learning Behavior, dan Gaya Mengajar Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Ahmad Dahlan

Aulya, Elva (Unknown)
Rahmawati, Leni (Unknown)
Luthfia, Arawinda Delphin (Unknown)
Pradana, Cipto (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, dan Gaya Mengajar Dosen terhadap pemahaman akuntansi mahasiswa di kalangan mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Ahmad Dahlan. Sampel sebanyak 69 mahasiswa aktif angkatan 2021-2023 dipilih menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala likert 1-5 dianalisis menggunakan software IBM SPSS 23 dengan melalui uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, serta analisis koefisien determinasi (R²). Hasil menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional dan Gaya Mengajar Dosen berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan Perilaku Belajar tidak berpengaruh signifikan. Ketiga variabel secara bersama-sama memberikan kontribusi 46,4% terhadap pemahaman akuntansi, sisanya dipengaruhi faktor lain. Penelitian ini menekankan pentingnya pengelolaan emosi, memotivasi diri dalam belajar dan metode pengajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpnmb

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Multidisplin Bangsa published every month (12 times a year), contains the publication of the student final assignment research, research students and lecturers in the field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, Health, Farm, Food, ...