JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
Vol. 13 No. Special_issue (2025): Integrasi Pendidikan Matematika dan Sains dalam Mendukung Sustaina

Pengaruh Metode Story Telling Terhadap Peningkatan Pemahaman Pra Menarche (Menstruasi Pertama) pada Peserta Didik Tunanetra

Hakim, Anisah Oktafiani (Unknown)
Susetyo, Budi (Unknown)
Tarsidi, Iding (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode story telling terhadap peningkatan pemahaman pra menarche pada peserta didik tunanetra di SLBN A Citeureup. Tunanetra merupakan individu dengan hambatan penglihatan sehingga mengalami kesulitan dalam menerima informasi visual. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A dan pengumpulan data melalui tes lisan atau wawancara. Subjek penelitian adalah seorang siswi tunanetra berusia 12 tahun yang duduk di kelas 6 Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman pra menarche, dengan skor mean level pada fase Baseline-1 sebesar 45,18%, fase Intervensi sebesar 76,66%, dan fase Baseline-2 mencapai 90,36%. Peningkatan terjadi pada seluruh aspek, meliputi pemahaman menstruasi, gejala pra menarche, serta penanganan menarche. Penelitian ini diharapkan menjadi alternatif edukasi yang efektif bagi peserta didik tunanetra terkait pra menarche.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpms

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan ...