Kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi pesawat sederhana yang dijelaskan dalam pembelajaran fisika. Peningkatan pemahaman isi pelajaran menuntut peserta didik banyak berlatih mengenai pemahaman materi, keberhasilan dalam pembelajaran biasanya diukur dari bagaimana peserta didik memahami materi yang dipelajari. Semakin banyak peserta didik yang dapat mencapai tingkat pemahaman materi, maka semakin tinggi keberhasilan dalam pembelajaran tersebut. Penelitian ini membahas tentang kemampuan peserta didik untuk memahami materi pesawat sederhana dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana cara agar peserta didik dapat memahami materi pesawat sederhana dikelas IX SMP Negeri 4 Satu Atap Entikong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa dalam memahami materi pesawat sederhana dalam pembelajaran IPA di kelas IX SMP Negeri 4 Satu Atap Entikong. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Satu Atap Entikong dengan subjek penelitian berjumlah 15 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes berbentuk soal pilihan ganda, data yang diperoleh dari hasil tes kemudian dianalisis menggunakan tabel kategori kemampuan peserta didik, kemudian untuk menentukan persentase dengan menggunakan rumus persentase.
Copyrights © 2023