Quantum : Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya
Vol. 5 No. 1 (2025)

Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbantuan 3D Application Scratch pada Topik Jangka Sorong untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Khoiriyan, Wildan Haqqul (Unknown)
Diyana, Tsania Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

The large role of physics in the science development and technology requires physics education to refer to learning outcomes with proper concepts understanding, not only including systematic study of topics, but also about understanding the physics basic principles related to the universe. Therefore, interactive learning media is needed, easy to understand and provides a clear picture of concepts so that students fully understand the physical phenomena concept in the universe. This research aims to develop physics learning media assisted by 3D application Scratch on the calipers topic to improve student learning outcomes. The research method used is the R&D research method with a 4D model design consisting of the define, design, develop, and disseminate stages. The overall validation test results obtained an average score of 3.27. Based on these results, it can be concluded that the physics learning media assisted by 3D application Scratch on the calipers topic is feasible for students to learn measurements using calipers.Keywords: Learning Media, Scratch, Caliper, Measurement, Learning Outcomes. Besarnya peran fisika dalam perkembangan IPTEK menuntut pendidikan fisika mengacu pada hasil belajar dengan pemahaman konsep yang tepat, tidak hanya mencakup topik kajian yang sistematis, tetapi mengenai pemahaman prinsip-prinsip dasar fisika yang berkaitan dengan alam semesta. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang interaktif, mudah dipahami dan memberikan gambaran konsep yang jelas agar peserta didik memahami sepenuhnya konsep fenomena fisika di alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi 3D Scratch pada topik jangka panjang sorong untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D dengan desain model 4D yang terdiri atas tahap Define , Design , Develop , dan Tahap Disseminate . Hasil uji validasi secara keseluruhan diperoleh rata-rata skor 3,27. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan jika media pembelajaran fisika berbantuan 3D application Scratch pada topik jangka sorong layak digunakan oleh peserta didik untuk mempelajari pengukuran menggunakan jangka sorong dan dapat dikembangkan lebih lanjut.Kata-kata kunci :: Media Pembelajaran, Goresan, Jangka Sorong, Pengukuran, Hasil Belajar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

QJIPI

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Physics Social Sciences Other

Description

Quantum: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya (QJPIA) adalah jurnal ilmiah dalam bidang ilmu pengetahuan alam (IPA) dan Pendidikan IPA. Scope dari QJPIA terdiri dari: Pendidikan Fisika (Inovasi Pembelajaran Fisika, Penilaian dan Evaluasi dalam Fisika, Media dan bahan ajar Fisika, Kurikulum Fisika ...