Pendidikan tinggi seringkali menjadi prasyarat untuk memasuki pekerjaan yang lebih baik dan lebih terampil. Mendikbud Ristek mengungkapkan bahwa 80% mahasiswa di Indonesia tidak bekerja dalam bidang yang relevan dengan jurusan kuliah mereka. Hanya 27% dari lulusan perguruan tinggi yang berhasil mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan studi mereka. Saat mencari pekerjaan, lulusan perguruan tinggi akan bersaing dengan rekan-rekan lulusan dari bidang studi yang berbeda. Itulah mengapa pentingnya meningkatkan prestasi belajar di sekolah sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui besarnya pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Pandanarum; (2) Mengetahui besarnya pengaruh pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Pandanarum; (3) Mengetahui besarnya pengaruh perhatian orang tua dan pendidikan orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa MI Miftahul Ulum Pandanarum. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Data yang didapatkan menggunakan angket/kuesioner dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas I, II, III, IV, V MI Miftahul Ulum Pandanarum tahun ajaran 2023-2024 dengan jumlah populasinya sebanyak 313 dan sampelnya sebanyak 176 responden. Hasil temuan dari penelitian ini dijabarkan sebagaimana berikut ini : Pertama, besar pengaruh perhatian orang tua (X1) terhadap prestasi belajar siswa (Y) MI Miftahul Ulum Pandanarum 1,5%. Kedua, besar pengaruh pendidikan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) MI Miftahul Ulum Pandanarum 0,3%. Ketiga, besar pengaruh perhatian (X1) dan pendidikan orang tua (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y) MI Miftahul Ulum Pandanarum 2%.
Copyrights © 2025