Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PECAHAN KELAS V-A MI NURUL FALAH SAWO

Dewi Aris Ariana (Unknown)
Yhasinta Agustyarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2025

Abstract

Kesulitan belajar adalah ketidakmampuan siswa untuk sepenuhnya memahami konsep, prinsip atau algoritma penyelesaian masalah, meskipun mereka telah berusaha mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan yang dialami oleh siswa kelas V-A di MI Nurul Falah Sawo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes diagnosis, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang dipilih secara purposif berdasarkan tingkat kesulitan yang dialami siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami konsep pecahan, perhitungan pecahan, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar ini antara lain kurangnya minat siswa terhadap matematika, kurangnya pemahaman dasar, serta keterbatasan penggunaan media yang tepat. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu membimbing, mengelompokkan siswa, dan remidial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...