Kesulitan belajar adalah ketidakmampuan siswa untuk sepenuhnya memahami konsep, prinsip atau algoritma penyelesaian masalah, meskipun mereka telah berusaha mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan yang dialami oleh siswa kelas V-A di MI Nurul Falah Sawo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui tes diagnosis, wawancara, dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V-A yang dipilih secara purposif berdasarkan tingkat kesulitan yang dialami siswa yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami konsep pecahan, perhitungan pecahan, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar ini antara lain kurangnya minat siswa terhadap matematika, kurangnya pemahaman dasar, serta keterbatasan penggunaan media yang tepat. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dialami siswa yaitu membimbing, mengelompokkan siswa, dan remidial.
Copyrights © 2025