Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 3 (2025): JUNI-JULI 2025

Optimalisasi Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKRO SMKS Musda Perbaungan Melalui Pengembangan Video Interaktif Canva AI Pada Materi Sistem Suspensi

Habib Alwi (Unknown)
Yuniarto Mudjisusatyo (Unknown)
Nur Basuki (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2025

Abstract

Dalam pembelajaran Konsentrasi Keahlian Otomotif (KKO), siswa kerap mengalami kesulitan dalam memahami konsep sistem suspensi kendaraan, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar yang kurang optimal. Hal ini diperparah oleh pendekatan pembelajaran yang masih bersifat satu arah serta keterbatasan sarana ajar yang digunakan di kelas. Menanggapi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis Canva AI yang dirancang dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL), sehingga siswa dapat belajar melalui pemecahan masalah nyata yang relevan dengan dunia otomotif. Penelitian ini dilakukan di SMKS Musda Perbaungan dengan melibatkan siswa kelas XI TKRO 1 sebagai subjek. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), mengacu pada model ADDIE yang mencakup lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil pengembangan media dinilai oleh para ahli dan menunjukkan tingkat kelayakan yang sangat baik, dengan rata-rata skor dari ahli media sebesar 0,95, ahli desain pembelajaran sebesar 0,95, dan ahli materi sebesar 0,96 semuanya termasuk dalam kategori "valid". Pengujian dilakukan melalui tiga tahap: uji coba individu dengan skor rata-rata 68,33, uji coba kelompok kecil 67,78, dan uji coba kelompok besar 67,63 seluruhnya menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori layak. Secara keseluruhan, skor kelayakan rata-rata adalah 34,43. Dari segi efektivitas, terdapat peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dari rata-rata Pretest 26,96 menjadi 92,27 pada Posttest. Nilai N-Gain sebesar 0,89 tergolong dalam kategori peningkatan tinggi, dan efektivitas pembelajaran mencapai 89,21%, yang menunjukkan bahwa media ini sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran interaktif berbasis Canva AI dengan pendekatan PBL terbukti valid dan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada materi sistem suspensi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...