Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan moral siswa sejak usia dini, khususnya di tingkat Sekolah Dasar (SD). Namun, metode penyampaian yang monoton dan kurang menarik seringkali mengurangi efektivitas pembelajaran ini. Makalah ini membahas penggunaan media diorama sebagai solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Diorama sebagai media visual tiga dimensi mampu menyajikan konsep-konsep abstrak secara konkret dan menarik. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif di MIS Al-Jamilah, dengan fokus pada implementasi media interaktif Tebak Kata dan respon siswa terhadap penggunaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama dapat meningkatkan antusiasme, pemahaman, dan daya ingat siswa, meskipun terdapat kendala teknis seperti keterbatasan fasilitas. Oleh karena itu, media diorama direkomendasikan sebagai salah satu strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam Pendidikan Agama Islam.
Copyrights © 2025