Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis-jenis kesalahan siswa SMP Negeri 2 Wagir kelas VII dalam mengerjakan soal cerita matematika, untuk mengetahui faktor penyebab siswa salah dalam menyelesaiakan soal cerita dan untuk mengetahui jenis kesalahan yang paling dominan yang dilakukan oleh siswa SMP Negeri 2 Wagir berdasarkan klasifikasi kesalahan Newman. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui tes, kuesioner, dan wawancara, serta dianalisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wagir yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang kecenderungan untuk melakukan kesalahan dalam memahami soal, transformasi, keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah siswa tidak teliti membaca soal, tidak teliti menemukan hal yang diketahui dalam soal, tidak mengetahui permasalahan dalam soal, tidak tau rumus yang seharusnya digunakan dan mengikuti jawaban teman.
Copyrights © 2025