World Health Organization (WHO) memperkirakan 25% penduduk dunia akan menderita hipertensi pada tahun 2025. Di Asia Tenggara hipertensi berada pada posisi ketiga tertinggi dengan prevalensi 25% dari total penduduk dan di Indonesia peningkatan prevalensi sekitar 5% dari jumlah penduduk. Hipertensi juga berdampak pada kerusakan retina mikrovaskular, peningkatan intraokular dan lesi trombo emboli. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efek pendidikan kesehatan dengan media digital (WAG) terhadap pengetahuan dan prilaku CERDIK penderita hipertensi pada pencegahan stroke. Metode: metode pada penelitian adalah Pra-Eksperiment Design dengan pendekatanone Group Pretest-Posttest. Dalam penelitian ini peneliti melakukan (pretest) terlebih dahulu kemudian diberikan perlakuan berupa pendidikan kesehatan melalui penggunaan media dengan mengirim pesan melalui group WhatsApp pada responden yang dijadikan sampel. Setelah diberikan perlakuan selama 4 minggu selanjutnya dievaluasi kembali dengan pengisian koesioner (posttest). Populasi dalam peneliian ini adalah penderia hipertensi grade i-III di UPTD Puskesmas Gading rejo kabupaten Pringsewu Lampung. Sampel penelitian ini berjumlah 26 orang  dengan tehnik sampling pourposive tehnik sampling. Variabel independent dalam penelitian ini adalah Pendidikan kesehatan dengan media digital (WAG) dan variable dependen dalam penelitian ini adalah pengetahuan dan perilaku penderita hipertensi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample T-Test. Hasil: Uji statistik post-intervensi pada pengetahuan menunjukkan nilai p-value = 0,007 dan perilaku menunjukkan niilai p-value = 0,001.Hasil ini menunjuklan bahwa Intervensi pendidikan berpengaruh terhadap pengetahuan  dan perilaku penderita hipertensi Kesimpulan: pendidikan melalui WAG efektif dalam meningkatkan pengetahuan  dan perilaku penderita hipertensi dalam mencegah stroke.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025