Jurnal Pendidikan Guru (JPG)
Vol. 6 No. 3 (2025): JPG: Jurnal Pendidikan Guru

Peran Observer Pengelolaan Kinerja Guru dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran (Studi Multi Situs di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu)

Khuluq, Khusnul (Unknown)
Ainur Rifqi (Unknown)
Yatim Riyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis peran observer pengelolaan kinerja guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Latar belakang penelitian ini berangkat dari indeks pendidikan di Gresik pada 2024 dengan salah satu dimensi terendah yaitu kualitas pengajar. Sejalan dengan hal tersebut, Pengelolaan Kinerja Guru dan Kepala Sekolah yang diterbitkan Kemdikbudristek menegaskan bahwa pengelolaan kinerja guru dilakukan melalui sistem aplikasi ruang GTK merupakan alat bantu yang disediakan bagi guru dan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas kinerja dan kompetensi secara berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi multi-situs yang dilakukan di SMKN 1 Cerme dan SMKN 1 Sidayu, Kabupaten Gresik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi. Analisis dilakukan melalui teknik analisis data tunggal dan multi situs. Pada tahap perencanaan kinerja guru di pengelolaan kinerja guru, observer sebagai pendamping dengan menerapkan pendekatan Management by Objectives (MBO) yang menitikberatkan pada diskusi untuk menentukan indikator dan target perilaku kinerja sesuai dengan kebutuhan dan selaras dengan arah kebijakan sekolah. Peran observer pada tahap pemantauan kinerja guru di pengelolaan kinerja guru dilakukan dengan pendekatan coaching dan membersamai, bukan bersifat menggurui dan menghakimi, dengan memfokuskan pada capaian target perilaku sesuai rubrik observasi sehingga upaya perbaikan untuk meningkatkan mutu pembelajaran bisa tercapai. Peran observer pada tahap pembinaan kinerja guru di pengelolaan kinerja guru dilakukan dengan pendekatan apresiatif dan konsultan yang menitikberatkan pada perbaikan, peningkatan, dan tindak lanjut dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan alternative pendekatan pendampingan yang bisa dilakukan oleh observer pengelolaan kinerja guru di ruang GTK agar hasil yang diperoleh bisa maksimal sesuai tujuan dibuatnya sistem aplikasi ruang GTK. Kata Kunci: Observer, Pengelolaan Kinerja Guru, Mutu Pembelajaran, Studi Multi Situs

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpg

Publisher

Subject

Other

Description

Merupakan Jurnal Pendidikan yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ruang lingkup meliputi penelitian para guru terkait ...