Penelitian ini bertujuan untuk mengintegrasikan metode Project-Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran ilmu politik melalui studi kasus perilaku politik masyarakat pada Pemilihan Gubernur Provinsi Jambi tahun 2020. Penerapan PjBL dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kapasitas analitis mahasiswa terhadap fenomena politik riil serta mendorong kemampuan berpikir kritis, kolaboratif, dan mandiri. Secara substantif, penelitian ini menganalisis kecenderungan perilaku politik masyarakat Jambi berdasarkan tiga pendekatan utama: sosiologis, psikologis, dan rasional. Metode yang digunakan adalah action research dengan pendekatan kualitatif deskriptif, didukung oleh model siklus Kurt Lewin (perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi). Data dikumpulkan melalui mini-riset lapangan oleh mahasiswa dan dianalisis dengan teknik interactive model analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku politik masyarakat Jambi pada Pilgub 2020 masih sangat dipengaruhi oleh faktor sosiologis, terutama asal-usul geografis calon. Masing-masing pasangan calon memperoleh suara dominan di wilayah asalnya. Selain itu, pendekatan psikologis juga berperan dalam menentukan pilihan, terutama melalui persepsi terhadap visi, misi, dan kesiapan program pasangan calon nomor urut tiga, Al Haris dan Abdullah Sani, yang akhirnya terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur. Sebaliknya, pendekatan rasional terbukti tidak terlalu dominan; pemilih lebih mempertimbangkan figur dan faktor emosional daripada platform partai atau kebijakan rasional. Tingkat partisipasi masyarakat tercatat sebesar 68,65%, menunjukkan adanya ruang perbaikan dalam meningkatkan kesadaran dan partisipasi politik warga. Studi ini tidak hanya menghasilkan pemahaman empirik tentang perilaku pemilih, tetapi juga menunjukkan efektivitas metode PjBL dalam pembelajaran politik berbasis penelitian dan kontekstualisasi lapangan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025